Dysfun Course (Kursus membaca dan menulis pertama di Indonesia bagi anak-anak yang mengidap Disleksia).

Indah Lestari

Abstract


Dysfun Course adalah jenis usaha bimbingan belajar dalam bentuk kursus membaca , dan menulis bagi anak- anak yang diprediksi mengidap disleksia. Disleksia adalah kerusakan pada kemampuan otak untuk menterjemahkan tulisan yang diterima oleh mata menjadi bahasa yang bermakna. Berdasarkan data yang ada di Dinas Pendidikan Kota Bandung diperkirakan 10 % anak usia belajar mengalami kesulitan dalam belajar. Sejumlah diantaranya mengalami disleksia. Banyaknya orangtua yang menginginkan anaknya mampu membaca dan menulis pada usia dini menjadi peluang bisnis bagi kami untuk mendirikan sebuah lembaga pendidikan khusus untuk anak-anak pengidap disleksia, karena selama ini di Indonesia belum ada lembaga khusus yang menanganinya.

Disfun Course mulai melaksanakan kursus pada awal mei 2014 yang berlokasi di Komplek Cibaligo Permai no 12 Cimahi. Pada periode pertama diikuti oleh 9 anak suspek penderita disleksia dengan instruktur dari biro psikologi yang ahli di bidangnya.

Kegiatan ini diawali dengan pembuatan bussines plan dan dilanjutkan dengan perancangan program kursus yang bekerjasama dengan ahli Pedagogi yang sudah berpengalaman menangani anak pengidap Disleksia. Kemudian dilakukan pembuatan modul dan tools untuk kegiatan pembelajaran. Bersamaan dengan itu dilakukan pula promosi Dysfun Course secara langsung ke sekolah, biro terapi, dan tempat umum, demikian pula secara online melalui blog, twitter dan facebook. Pada tahap pertama kegiatan kursus diikuti oleh 9 orang dan berakhir pada pertengahan Juli. Pada periode ini keuntungan bersih yang diperoleh yaitu Rp 2.100.000,00. Tahap kedua direncanakan dimulai pertengahan Agustus 2014 dengan target pendaftar sekitar 20 pendaftar. Melihat peminat yang mulai membaik dan minimnya competitor dalam bidang, kami rasa kursus ini sangat menjanjikan untuk dikembangkan dimasa yang akan datang.

 

Keywords : Dysfun Course, Disleksia, Minim Competitor


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.