Kertanusa, Usaha Clothing Bertema Tokoh Pewayangan dan Legenda Indonesia dengan Etnik Kain Batik sebagai Media Pengenalan Kebudayaan Indonesia

Muhammad Afthon, Surya Putra Prawira, Gustisatya Gustisatya, M.N. Muhaimin

Abstract


Komoditas mode di Indonesia, khususnya pakaian, lebih sering menggunakan tokoh-tokoh fiksi dan superhero dari luar negeri sebagai desain utamanya. Hal ini telah berlangsung lama dan telah menimbulkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk mengangkat kembali hal-hal yang bertema lokal dan cinta tanah air. Beberapa tahun ini merek-merek kaos yang menggunakan kata-kata unik bertema nasionalisme sebagai ciri khas desainnya menjadi tren. Selain dengan kata-kata, kesadaran masyarakat untuk mencintai batik, motif khas Indonesia yang telah dinobatkan sebagai warisan budaya oleh UNESCO, telah diwujudkan dengan semakin banyaknya masyarakat Indonesia terutama para pemudanya untuk memakai batik dalam berbagai acara. Di sisi lain, perkembangan industri perfileman Indonesia telah memfasilitasi anak-anak muda membuahkan karya-karya yang mengangkat kebudayaan Indonesia.Tumbuhnya kesadaran kalangan pemuda Indonesia melestarikan kebudaayan berdampak pada meningkatnya kebutuhan sarana pengenalan budaya Indonesia. Ada peluang menjanjikan yang dapat ditekuni menjadi bisnis yang sangat menguntungkan berbagai pihak; pengusaha, murid-murid, pecinta seni dan budaya Indonesia, dan pihak-pihak lainnya. Peluang ini diwujudkan dengan membuat usaha pakaian kasual dengan kombinasi kain batik dan dipercantik dengan desain tokoh legenda Indonesia yang terlihat lebih masa kini sehingga tercipta nuansa tradisional dengan rasa modern. Terobosan lainnya adalah adanya perpaduan antara desain tokoh legenda Indonesia dengan teknologi augmented reality yang membuat kesan mempelajari seni tradisional tidak selalu dengan cara yang kuno. Keywords : Kaos, tren, tokoh legenda Indonesia


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.